06 January 2009

Past - Thanksgiving

Minggu terakhir di bulan november ramai dengan perayaan thanksgiving. Sekolah hanya masuk dua hari, senin dan selasa. Thanksgiving adalah perayaan orang amerika yang berlangsung di hari kamis keempat di bulan november. Tahun ini jatuh pada tanggal 26 November 2008. Thanksgiving dilakukan orang amerika sebagai tanda rasa syukur atas masa panen mereka. Biasanya banyak dirayakan bersama keluarga besar dengan menggelar makan malam besar di hari kamisnya dengan menu ayam kalkun dan pumpkin pie.Hari senin dan selasa saya bolos latihan ski karena ada banyak tugas dan ulangan. Rabu pagi ( 25/11 ), host mom saya menjemput Jasmine di kampusnya di St Bennedict College, St Cloud ( 45 menit dari Buffalo ). Jasmine adalah siswi AFS dari Hongkong yang tahun lalu tinggal bersama Host Family saya. Tahun ini dia kembali ke Amerika karena mendapat beasiswa kuliah di St Bennedict College. Koq bisa? Tahun lalu, selama setahun Jasmine di sini, dari awal dia sudah bilang ke Counselor bahwa dia ingin mendapat Diploma di Amerika. Padahal untuk exchange students hanya mendapat Honorary Diploma. Akhirnya dia harus mengambil kelas-kelas khusus untuk memenuhi kredit supaya bisa lulus dan mendapat diploma di sini. Host fam saya bilang ke saya,"Kamu sudah punya rumah kedua di sini, jadi kalau tahun depan mau balik dan kuliah di sini seperti Jasmine, kamu sudah tidak bingung cari tempat tinggal."Namun karena saya siswa YES, maka selepas program, harus kembali ke Indonesia dan menunggu selama dua tahun dulu sebelum akhirnya kembali ke Amerika. Jasmine hanya pulang ke rumah Host Fam tiap sabtu dan minggu. Karena di Amerika, beberapa college seperti kampusnya Jasmine, mengharuskan siswanya tinggal di asrama sampai kira-kira mereka berada di grade senior. Beberapa kali ikut menjemput Jasmine di St Bennedict, asramanya cukup memadai dan besar, sedang satu kamar diisi dua hingga empat orang, tergantung ukuran kamar. Siswa pun bisa membawa microwave, TV, hingga lemari es ke dalam kamar.Hari rabu itu juga, saudara-saudara dan keponakan host mom berkumpul di rumah host fam karena host mom adalah anak tertua dan rumahnya paling besar di antara saudara-saudaranya jadi biasa dijadikan tempat berkumpul. Tidak semua saudara datang karena sebagian tidak dapat hari libur kerja selama thanksgiving. Hanya ada Suzan dan putrinya Mimi dan Miko ( keduanya keturunan Asia ), Jasmine, dan Trisa. Ditambah tiga ekor anjing yang ketiganya anjing peliharaan Suzan. Akhirnya princess ( kucing host mom saya ) cuma diam di kamar karena tidak suka kalau ada anjing atau hewan lain di rumah. Hahaha, dia kucing yang super gendut dan lucu. Dia sangat sangat penakut dengan apapun. Dan lagi, princess juga tidak suka digendong. Sukanya makan makanan kucing dan tidak seperti rata-rata kucing di Indonesia yang masih doyan dikasih ikan asin. Umurnya sudah tua, 11 tahun. Awal saya datang, dia masih cuek bebek sama saya, sekarang tiap malam dia nemenin saya ngerjain pe-erdan kadang tidur di bawah kasur saya.Kamis siang ( 26/11 ), rumah ketambahan orang, Janet ( anak adopsi host mom saya dari Korea ) dan temannya Arlo datang ke rumah. Rumahpun bertambah sesak dan ramai. Trisa, Host Mom, dan Suzan sibuk memasak kalkun dan beberapa makanan pelengkap. Di dalam tubuh turkey dimasukkan gravy ( sejenis roti ) yang diramu dengan adonan rahasia keluarga. Maklum, keluarga Host Mom semuanya pandai memasak, dan mereka semua gemar makan nasi, makanan pedas, dan makanan Asia lain. Menjelang makan malam, saudara laki-laki Host Mom datang bersama istri dan putri-putrinya. Hari itu makan besar. Kalkun yang dihidangkan besar sekali, ditambah apple pie dan pumpkin pie yang dimakan dengan whip cream atau vanilla ice cream. Sehabis makan malam, kami semua melihat brosur-brosur big sale di Black Friday.Black Friday adalah hari jumat keempat di bulan november yang jatuh setelah thanksgiving. Black friday adalah hari belanja terbesar sepanjang tahun karena pada hari itu akan ada banyak sekali big sale di semua toko-toko besar seperti Bestbuy, Walmart, Target, Circuit City, Menards, Kohls, dsb. Toko-toko biasanya buka dari jam 4 atau lima pagi. Bahkan banyak orang-orang yang rela mendirikan tenda dan bermalam di luar toko demi mendapat barang yang diincarnya dengan harga miring yang hanya bisa didapatkan pada pagi hari.Setelah melihat-lihat harga di selebaran pada kamis malamnya, host mom memutuskan kami akan pergi belanja di hari jumat. Karena ekonomi amerika yang melemah, akhirnya harga-harga miring yang ditawarkan 'tidak cukup miring'. Jumatnya ( 27/11 ) saya, Host Mom, Jasmine, dan Janet berangkat dari rumah jam tujuh pagi dan langsung ke Kohls. Saudara-saudara yang lain sudah pulang sehabis makan malam thanksgiving. Saya beli additional luggagedengan harga 21 dollar namun lebih besar dari luggage saya yang paling besar yang saya bawa dari Indonesia. Meski saya baru pulang bulan juli, namun saya memutuskan membeli luggage baru sekarang karena Host Mom bilang belum tentu nanti dijual dengan harga segitu pada saat summer dan membawa luggage tambahan lebih murah daripada mengirim barang-barang ke Indonesia yang bisa mencapai lebih dari 100 dollar. Hari minggu ( 30/11 ), saya datang ke rumah Melisa bersama Jasmine dan Host Mom, karena hari itu adalah ulang tahun Melisa ke-17. Exchange students yang lain juga datang meramaikan satu-satunya ulang tahun Melisa di Amerika itu. Setelah menyantap kue ulang tahun dan pizza, kami bermain permainan kartu yang biasa dimainkan anak-anak di Hongkong. Kami pun diajak memberi nama anjing baru host fam Melisa yang masih berumur satu bulan. Saya pun teringat bahwa tidak terasa hampir empat bulan saya berada jauh dari orang-orang tersayang di Indonesia. Batin saya bertanya, apa kabar bapak? apa kabar ibuk? apa kabar keluargaku dan teman-temanku di Kediri dan SMAN 2 Kediri?

No comments:

Post a Comment